Nama Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan

Umumnya nama anak akan beda tergantung pada jenis kelamin, sehingga nama anak laki-laki pastinya akan berbeda dengan nama anak perempuan. Meski demikian kadang ditemukan nama anak yang lazim dipakai untuk anak laki-laki digunakan untuk anak perempuan atau bahkan sebaliknya.Nama-Anak-Laki-Laki-Perempuan Islam

Nama merupakan identitas khusus yang sengaja diberikan oleh orang tua pada anaknya, sebagai identitas yang unik untuk setiap orang. Di beberapa daerah nama asli seseorang/nama asli anak kerap disandingkan (dibelakang nama asli) dengan nama marga, nama ayah, nama belakang ibu, atau nama daerah asal. Pemberian nama demikian biasanya dilakukan etnis keturunan (Keturunan Arab, Keturunan Tiongkok, Keturunan Batak, Keturunan Jawa dan sebagainya).

Indonesia sebagai negara yang terdiri dari 5 Pulau besar, beribu pulau kecil, ratusan ras, ratusan suku, 5 agama dan berbagai kepercayaan sangat kaya akan jenis nama anak. Sebenarnya ada banyak sekali ciri khusus yang menunjukkan bahwa nama berasal dari keturunan suku, ras atau agama tertentu. Contoh paling mudah misalnya nama untuk keturunan Suku Jawa dan Suku Sunda. Ciri khas nama anak laki-laki Suku Jawa menggunakan biasanya akhiran huruf “o” atau akhiran “an”. Contoh nama anak laki-laki yang menggunakan akhiran huruf “o” misalnya: Joko, Joyo, Santoso, Widodo, Suroso, Suko, Dono, dst. Untuk nama yang berkahiran “an” misalnya: Wagiman, Suparman, Ngadiman, Seman, Diman, dst. Sementara untuk nama anak perempuan ke-khas-an Keturunan Jawa adalah penggunaan akhiran “em” atau “i”, misalnya: Paiyem, Sugiyem, Poniyem, Iyem, Panijem, Sari, Wati, Sukini, Murti, dst. Nama anak laki-laki Suku Sunda yang lazim misalnya: Asep, Dadang, Jajang, Didin, Cecep, dan seterusnya yang mana cenderung tak berakhiran seperti nama anak laki-laki Suku Jawa, meskipun secara letak geografisnya berada pada pulau yang sama. Nama anak laki-laki Suku Sunda juga berciri khas memiliki seperti “pengulangan irama”, misalnya: Didin Hafiduddin, Nana Supriatna, Asep Kasep, dst.

nama-anak-lelakiContoh nama anak yang juga mudah dikenali adalah nama anak muslim (nama anak laki-laki islami, nama anak perempuan islami) dan nama anak kristen/katolik. Nama-nama tersebut biasanya merujuk pada kitab suci muslim yang berbahasa Arab. Berikut adalah beberapa contoh nama anak laki-laki islami: Muhamad Abdul Wahab, Abdurahman Al Mukaffi, Yusuf Maulana, dsb, dan contoh nama anak perempuan islami misalnya: Aisyah Ayudia Fatiha, Nur Aini, Ummi, dst.

Nama anak laki-laki atau nama anak perempuan juga ditemukan tidak sama untuk setiap negara. Ini biasanya dipengaruhi oleh bahasa, tradisi, agama atau budaya setempat. Misalnya nama anak laki-laki negara-negara di Benua Eropa pastinya berbeda dengan nama anak di negara yang terletak di Benua Asia, Benua Amerika, bahkan di Benua Afrika.

Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *