Permainan Anak Perempuan Tradisional

Mengenal macam-macam jenis permainan anak perempuan tradisional. Bermain memang dunianya anak-anak. Sebelum adanya pengaruh perkembangan teknologi seperti saat ini, anak-anak biasanya bermain dengan permainan tradisional. permainan-anak-perempuan-2Ada beragam permainan anak tradisional di Indonesia, bahkan saking beragamnya jenis permainan ini bisa berbeda antara permainan anak perempuan tradisional dengan permainan anak laki-laki yang tradisional. Banyak faktor yang menyebabkan jenis permainan anak yang ada hilang di telan jaman diantaranya yaitu: kemajuan teknologi, kebanggaan yang rendah, pandangan yang salah (permainan ndeso), dan merasa tidak memiliki.

Majunya teknologi rupanya membawa dampak signifikan terhadap semua sisi kehidupan, termasuk di dalamnya adanya dampak pada jenis permainan anak. Khasanah permainan anak pelan tapi pasti mulai terlupakan oleh generasi-generasi masa kini, bahkan permainan anak perempuan maupun permainan anak laki-laki tradisional yang ada, telah digantikan dengan permainan-permainan baru dari gadget, yang nota bene banyak didominasi jenis permainan masa kini dan relativ kurang memupuk kebersamaan dan kurang menumbuhkan ikatan emosional yang positif antar anak.

Semakin langkanya permainan anak ini juga disebabkan oleh pandangan negatif kita sendiri yang menganggap permainan anak perempuan ataupun permainan anak laki-laki tradisional yang dimiliki ketinggalan jaman, tidak modern/tidak canggih, permainannya wong ndeso. Kebanggan yang luntur akan kekayaan permainan anak ini semakin mendukung untuk tidak mewariskannya pada generasi berikutnya.

Jenis permainan anak perempuan tradisional

  1. Permainan lompat tali

Sebenarnya permainan ini bias ditemukan hamper diseluruh pelosok Indonesia, meskipun dengan penyebutan yang beda-beda. Meskipun identik dengan permainan anak perempuan tetapi kadangkala anak laki-laki pun terkadang memainkan jenis permainan ini.permainan-anak-perempuan

  1. Permainan bekel

Permainan ini dilakukan dengan meggunakan bola kecil yg terbuat dari karet (bekel). Bekel lalu dilempar ke atas hingga bekel menyentuh lantai, setelah memantul pada saat bekel melayang ini pemain harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang terletak di bawah bekel melayang tadi. Permainan bekel ini. Di beberapa daerah di Pulau Jawa permainan ini memiliki kemiripan dengan permainan gatheng.

  1. Permainan petak umpet, permainan ular naga, permainan engklek dan permainan dakon

Sebetulnya permainan ini bisa juga dilakukan oleh anak laki-laki, tetapi biasanya permainan-permainan ini lebih sering terlihat dilakukan oleh anak perempuan.

Nilai positif permainan anak perempuan tradisional

Permainan anak adalah serangkaian aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan fisik, intelektual, sosial, moral dan emosional. Kebanyakan permainan anak perempuan dilakukan secara berkelompok. Dari permainan jenis ini akan mendidik anak untuk mengenal nilai kerjasama, tanggungjawab, kepemimpinan, nilai-nilai budaya, kesetiakawanan, sportivitas dan sikap disiplin yang berakar dari kejujuran.

Demikianlah beberapa jenis permainan anak perempuan tradisional dan nilai-nilai positif yang tekandung di dalamnya. Semoga generasi kita tidak melupakannya.

Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *