Tips Memilih Sekolah untuk Anak Kesayangan

memilih-sekolah-anak-1Banyak orang tua yang bingung memilih sekolah untuk anak, ketika anak kesayangan mereka telah memasuki usai yang cukup untuk masuk ke playgroup atau ke sekolah dasar. Pertanyaan yang sering dilontarkan para orang tua misalnya:

  • Sekolah yang bagus buat anak yang kriterianya kaya apa sih?
  • Saya mau daftarkan anak saya ke playgroup tapi dimana yang bagus ya?
  • Saya bingung anak saya, saya sekolahkan di sekolah negeri apa swasta ya?

Mereka bingung karena memang sebelumnya tidak pernah memiliki pengalaman memilih sekolah untuk anak mereka. Biasanya ini karena mereka adalah orang tua baru, yaitu baru pertama kalinya mencarikan sekolah untuk anaknya. Dilema memilih sekolah untuk anak yang biasa dihadapi para orang tua baru terjadi karena beberapa sebab, contoh:

  • Ingin memilih sekolah untuk anak yang serba lengkap fasilitasnya tetapi letak sekolahnya jauh dan harus menghadapi kemacetan yang menjemukan.
  • Ingin sekolah yang biayanya murah, dekat letaknya, gurunya ramah dan mengajarkan pelajaran yang seperti dimaui orang tua.
  • Orang tua menginginkan anaknya sekolah di sekolah pemerintah (sekolah negeri) tetapi dihantui dengan ketakutan kualitas pengajar atau proses belajar mengajarnya yang terkesan se-kena-nya. memilih-sekolah-anak-yang-baikIni tidak terjadi disemua sekolah pemerintah, tetapi memang ada sebagian sekolah pemerintah (biasanya di daerah) yang kekurangan fasilitas penunjang, sehingga terkadang murid dan guru terpaksa menggunakan ruangan yang tidak layak atau terpaksa mengatur jadwal masuk dengan cara sift (sift pagi untuk kelas 1-3 dan sift siang untuk kelas 4-6).
  • Tidak sedikit orang tua yang mengharapkan anaknya mendapatkan pendidikan yang lengkap, misalnya sekolahan yang mengajarkan anak pendidikan moral sekaligus pendidikan formal, diasuh oleh guru yang sabar, cakap dan mengerti psikologis anak dan dengan biaya yang murah.
  • Dan masih banyak lagi contoh dilema yang biasa dihadapi para orang tua baru. Tetapi pada prinsipnya satu hal yang orang tua maui untuk buah hati mereka di masa depan, yaitu kelak anak mereka dapat tumbuh dan menjadi insan yang pandai, cerdas, berperilaku baik, taat pada orang tua, tekun beribadah, memiliki pekerjaan yang baik dan seterusnya.

memilih-sekolah-anakDengan banyaknya dilema tersebut lantas bagaimana orang tua memilih sekolah untuk anaknya? Berikut ini ada tips yang dapat Anda lakukan sebelum menetukan di sekolah mana anak Anda akan menghabiskan hari-harinya:

  1. Ketahui betul model pendidikan, materi pendidikan (kurikulum), suasana lokasi pendidikan seperti apa yang Anda inginkan/butuhkan untuk anak Anda.
  2. Dapatkan informasi yang cukup tentang sekolah-sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal Anda saat ini. Anda dapat juga mulai memilah dan memilih antara sekolah pemerintah dan sekolah swasta yang ada.
  3. Tentukan sekolah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan/keinginan Anda untuk anak.
  4. Fikirkanlah jarak tempuh tempat tinggal anda ke sekolah yang akan dituju.
  5. Pertimbangkan biaya yang mungkin timbul (untuk pendidikan ataupun di luar biaya pendidikan, misalnya transportasi).
  6. Cobalah untuk mendalami informasi yang telah Anda dapatkan dengan mendatangi langsung sekolah yg Anda pilih di nomor 3 tersebut. Di sini Anda dapat bertemu dengan nara sumber langsung dan dapat melengkapi informasi-informasi yang belum Anda dapatkan sebelumnya.
  7. Pertimbangkan juga kondisi lingkungan sekolah yang akan Anda pilih.
  8. Tips terakhir memilih sekolah untuk anak yang tidak boleh Anda lupakan adalah pilihlah sekolah yang telah terbukti kualitas pendidikannya (prestasi, fasilitas dan memiliki reputasi baik).
Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *